Beberapa manfaat tanaman anting-anting


 Khasiat dan Manfaat Tanaman Anting-anting Bagi Kesehatan – Berbicara mengenai nama dari tanaman ini, sepintas sebagian atau bahkan seluruh pembaca pasti mengira tanaman ini seperti anting-anting yang sering dipakai di telinga. Namun hal tersebut memang benar adanya, jika merujuk pada sebuah gambar maka akan terlihat bentuk melingkar seperti anting-anting yang sering dipakai ditelinga.

Tanaman Anting-anting atau yang dalam bahasa latin disebut “Acalypha australis L” merupakan jenis tanaman yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit. Tanaman anting-anting pada umumnya tumbuh disekitaran lereng gunung dengan ciri khas daun letak berseling bentuk bulat lonjong sampai lanset, bagian ujung dan pangkal daun lancip, tepi bergerigi, panjang 2,5 – 8 cm, lebar 1,5 – 3,5 cm.

 Mengenai Khasiat dan Manfaat Tanaman Anting-anting bagi Kesehatan tak perlu diragukan lagi. tanam ini pada umumnya mampu mengobat beberapa penyakit yakni: penyakit radang, sebagai anti biotik, sebagai peluruh seni, sebagai anstringent, menghentikan pendarahan (hemostatik).


Adapun cara pegolahan dan pemakaiannya adalah sebagai berikut:

1. Mengobati Disentri amoeba

Pilih tanaman anting-anting yang sudah mengering, ambil batangnya kira-kira 30-60 gr untuk direbus. Setelah mendidih, air rebusan tadi diminum sebanyak 2 kali. Lakukan secara rutin untuk 5 sampai 10 hari.

2. Mengobati Dermatitis, Eksim, Luka koreng

Pilih tanaman anting-anting yang masih segar secukupnya saja kemudian direbus. Gunakan air rebusan ini untuk mencuci bagian kulit yang sakit.

3. Mengobati Batuk, Mimisan atau Berak berdarah

Ambil anting-anting kering sebanyak 30-60 gr untuk direbus. Sehabis mendidih tunggu air rebusan dingin kembali dan diminum.

4. Mengobati Diare

Sediakan anting-anting yang kering sebanyak 30-60 gr, kemudian direbus sampai mendidih. Diminum air rebusan tadi setelah agak dingin.

5. Disentri Basiler 

Tanaman anting – anting kering 30-60 gram, lalu ditambah portulaka 30 gram, lalu gula 30 gram, kemudian direbus dan diminum setelah dingin.

6. Diare, muntah darah 

Tanaman anting – anting kering 30-60 gram, kemudian direbus dan diminum setelah dingin.

7. Batuk, mimisan dan berak darah 

Tanaman anting – anting kering 30-60 gram, kemudian direbus dan diminum setelah dingin.

8. Untuk luka luar

Lumatkan anting-anting ditambah sedikit gula pasir tempelkan pada bagian yang sakit

Demikian Ulasan Tentang Khasiat dan Manfaat Tanaman Anting-anting Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat  anda

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

manfaat tanaman ADAS

Inilah khasiat manfaat daun adas dan buahnya bagi kesehatan tubuh Kegunaan dan khasiat daun adas bagi kesehatan sangatlah banyak. Be...