Step by Step Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik Dan

cara menanam kacang tanah


Panduan cara menanam kacang tanah ini kami buat karena cara ini telah terbukti efektif meningkatkan hasil panen. Sebelum memulai panduan cara menanam kacang tanah, dulur-dulur wajib mengetahui penjelasan singkat mengenai kacang tanah berikut.

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan komoditas strategis karena permintaan pasar yang cukup tinggi untuk bahan pangan, pakan maupun industri. Tanaman kacang tanah sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki suhu tinggi.

Oleh karenya, tanaman kacang tanah lebih cocok dibudidayakan di musim kemarau dibandingkan musim hujan.

Tanaman kacang tanah menyukai tipe tanah yang gembur. Oleh sebab itu media tanam untuk budidaya kacang tanah sebaiknya memiliki bahan organik yang tinggi.

Selain itu juga diperlukan, pupuk untuk kacang tanah membutuhkan pupuk organik yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap serta harus mengandung bakteri menguntungkan agar pertumbuhan tanaman maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas dari kacang tanah perlu adanya perlakuan yang tepat dan benar.

Berikut penjelasan cara menanam kacang tanah secara tepat dan benar mulai dari cara pengolahan tanah hingga cara memanen kacang tanah:

Cara Menanam Kacang Tanah

Lakukan Proses pemggemburan tanah

Saat sebelum melakukan proses tanam kacang tanah, lakukan proses penggemburan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Saat musim hujan, apabila lahan mudah tergenang sebaiknya buatlah saluran drainase yang baik atau buat bedengan agar drainase lancar dengan lebar 80-100cm dan tinggi sekitar 20-30cm.

Berikan dolomit pada tanah

Kemudian berikan dolomit atau kapur pertanian sebanyak 1-2 ton per hektar dengan cara menaburkan tipis diatas tanah dan diamkan selama 5 hari.

Berikan pupuk kandang

Taburkan pupuk kandang yang telah matang sebagai tambahan pupuk untuk kacang tanah sebanyak 10 ton per hektar.

Pemilihan benih & Proses Tanam

Gunakan benih kacang tanah unggul

Gunakan benih kacang tanah yang unggul dan dihasilkan dari kacang tanah tua, kira-kira 100 hari. Ciri-ciri benih kacang tanah sehat yaitu benih berwarna coklat kehitaman dan tidak ditemukan selaput pada bagian dalam cangkang saat dibuka.

Agar menjadi bibit kacang tanah yang baik pada saat ditanam, sebaiknya penyimpanan benih kacang tanah maksimal hanya 3-6 bulan saja.

Lakukan perendaman benih kacang tanah

Setelah memilih benih yang berkualitas baik, lakukan perendaman benih sebelum ditanam. Rendam dengan POC GDM selama 3-5 jam dengan dosis 1 liter GDM dicampur dengan 20 liter air hangat.

Tujuan perendaman benih kacang tanah adalah untuk mencegah penyakit tular benih dan untuk mempercepat proses perkecambahan.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan Sayur sangat efektif untuk mencegah penyakit tular benih karena pupuk organik cair GDM mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan antibiotic untuk menekan perkembangan pathogen pada benih dan menghasilkan hormon untuk mempercepat proses perkecambahan bibit.

Pada bedengan yang telah disiapkan, buatlah lubang tanam dengan kedalaman 3 cm dan tanam benih kacang tanah dengan jarak tanam 40 cm x 20cm atau 40 x 10 cm dengan jumlah 1 benih per lubang tanam.

Proses Perawatan

Salah satu cara kunci dalam cara menanam kacang tanah adalah teknik perawatan yang tepat.

Perawatan kacang tanah dimulai saat tanaman kacang berumur 4-7 hari setelah tanam. Apabila setelah umur 7 hari terlihat ada tanaman yang tidak tumbuh atau pertumbuhan tidak normal segera cabut dan tanam ulang dengan benih yang baru.

Apabila budidaya kacang tanah dilakukan saat musim kemarau, harus sering melakukan penyiraman pada saat pagi dan sore agar benih cepat tumbuh seragam.

Pemupukan kacang tanah

Lakukan juga pemupukan menggunakan pupuk untuk kacang tanah dengan memperbanyak menggunakan pupuk organic terutama yang berbentuk cair. Jadi setelah tanaman tumbuh serempak, lakukan proses penyemprotan setiap seminggu sekali dengan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan sayur dengan dosis 2 gelas dan disemprotkan pada bawah daun setiap pagi/sore (dibawah jam 9 pagi atau sore hari diatas jam 4 sore).

Pupuk Organik Cair GDM mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap sehingga kebutuhan nutrisi kacang tanah tercukupi. Selain itu, bakteri yang terkandung dalam Pupuk Organik Cair GDM mampu menghasilkan antibiotik untuk mencegah penyakit akibat jamur dan bakteri pathogen serta hormon yang dihasilkan mampu mempercepat pertumbuhan dan memaksimalkan keluarnya sulur bunga sehingga akan mengoptimalkan jumlah polong yang keluar.

Pada umur 20 HST tanaman kacang tanah akan mulai keluar bunga dan berlanjut hingga umur 75 hari, dan bunga yang keluar diatas umur 30 HST biasanya yang akan terbentuk menjadi polong.

Saat proses pembungaan hentikan aplikasi penyemprotan dan lakukan kembali aplikasi semprot Pupuk Organik Cair GDM setelah terjadi proses penyerbukan dan pembuahan. Ginifor atau bakal buah akan terbentuk pada hari ke 3-4 dan ginifor tersebut akan tumbuh terus menembus tanah dan akhirnya terbentuklah polong kacang tanah.

Selain aplikasi Pupuk Organik Cair GDM rutin setiap seminggu sekali, berikan juga pupuk tambahan yang mengandung unsur Phospor (P) pada masa pembuahan tanaman kacang tanah.

Agar pupuk terserap sempurna lakukan pembumbunan dan penyiangan untuk menghilangkan gulma dan memaksimalkan pembentukan polong kacang.

Panen Kacang Tanah

Umur panen kacang tanah sangat tergantung pada varietas benih yang ditanam. Tanaman kacang tanah dapat dipanen saat umur 3 bulan untuk varietas benih unggul dan mencapai umur 5 bulan untuk varietas benih yang kurang bagus.

Kenali ciri tanaman kacang tanah siap panen, pada cara menanam kacang tanah yang benar, diantarnya adalah:
  • Batang mulai mengeras.
  • Polong berwarna coklat kehitaman.
  • Sebagian besar daun sudah mulai menguning dan berguguran.
  • Bila dipegang polong terasa keras dan berisi penuh.
  • Panen harus dilakukan secara serempak

Jadi, selalu gunakan GDM black bos dan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan sayur sebagai kunci cara menanam kacang tanah . Gunakan GDM Black Bos dan Pupuk Organik Cair GDM secara rutin dan sesuai anjuran agar tanaman tumbuh sehat, subur dan panen melimpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat tanaman ADAS

Inilah khasiat manfaat daun adas dan buahnya bagi kesehatan tubuh Kegunaan dan khasiat daun adas bagi kesehatan sangatlah banyak. Be...